Nikmatnya Nasi Uceng Sukaria, Kuliner Khas Blitar yang wajib dicoba

Wisata Kuliner Blitar
Warung Nasi Uceng Sukaria Wlingi adalah salah satu wisata kuliner khas Blitar yang banyak diburu oleh pecinta kuliner. Meskipun terletak di pelosok desa, tidak menyurutkan pecinta kuliner datang dan merasakan nikmatnya nasi uceng Sukaria. Warung Sukaria ini terletak di Babadan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.  Warung ini cukup mudah dicapai karena terletak di tepi jalan utama Wlingi. Kalau anda semua berpergian dari Kota Blitar ke arah Batu malang, maka lokasi warung ini akan dilalui di sela-sela perjalanan tersebut karena terletak di tepi jalan. Nama warung Sukaria sendiri dikaitkan dengan nama pemiliknya Haji Sukari. Warung Uceng Sukaria ini juga terkenal dengan nama warung Uceng “Djoyo Mulyo. 
Merintis usaha pada tahun 1977, Haji sukari awalnya hanya menjual nasi pecel dengan lauk rempeyek uceng. Lambat laun seiring berkembangnya usaha yang dirintis, maka beliau menambahkan menu baru yaitu nasi ikan uceng goreng dengan lalapan sambal. Hingga sekarang menu ini menjadi menu tambahan dan bahkan menjadi menu andalan hingga saat ini.  Ikan uceng sendiri adalah salah satu jenis ikan tawar yang hidup di sungai dengan air yang jernih mengalir. Beliau mendapatkan pasokan ikan uceng dari sungai Putih dan sungai-sungai sekitar yang melimpah. Ikan ini berukuran sebesar jari kelingking tangan dengan garis vertical di seluruh badannya. Untuk mendapatkan ikan ini biasanya dengan cara dijaring ataupun menggunakan perangkap yang dipasang di bawah aliran sungai.

Harga Menu Nasi Uceng

Warung uceng Sukaria sendiri mendapatkan ikan dengan mengandalkan hasil dari Sungai Lekso yang membelah Kecamatan Wlingi. Bahan baku ini, rutin disetorkan oleh para pencari ikan uceng setiap harinya. Dalam sehari Haji Sukari bisa menghabiskan 40 sampai 50 Kilogram uceng untuk dimasak. Selain ikan uceng, juga terdapat ikan lain seperti ikan wader, udang asli sungai, juga ikan tawar yang lainnya. Pecinta kuliner juga bisa membawa oleh-oleh  berupa uceng goreng dalam plastic yang sudah dikemas dalam bungkus. Hanya dengan 20 ribu rupiah sudah bisa membawa pulang oleh-oleh uceng goring tersebut.

Rute Menuju Warung Uceng Sukaria Wling Blitar

 
Rute menuju lokasi warung uceng sukaria ini tergolong mudah dicari. Berikut kami jelaskan 2 rute yang bisa menjadi panduan menuju lokasi ini yaitu dari arah Kota Malang dan dari arah Kota Blitar .
Dari arah Kota Blitar kita menuju ke Kecamatan Wlingi melewati Kecamatan Garum dan Kecamatan Talun. Dari Masjid Agung Wlingi kita lurus sampe ketemu pertigaan traffic light belok kiri melewati Rumah Sakit Ngudi Waluyo Wlingi. Kita ikuti saja jalur Bus ini sampai di Perempaatan Gurid dimana terdapat prasasti Munggut, Belok ke kiri menuju arah Obyek wisata Rambut Monte atau arah ke Batu. Kurang lebih 1 Km dari perempatan Gurid tersebut kita akan menemukan nameboard Warung Joyo Mulyo.
Dari arah Kota Malang kita menuju Wlingi Kota, Sampai di pasar Wlingi kita ambil jalur lurus (ke Utara) sampai kita sampai di Perempatan Gurid tempat dimana terdapat Prasasti Munggut. Selanjutnya Belok kanan sampai Kurang lebih 1 Km terdapat Nameboard Warung Joyo Mulyo.

Oleh-oleh Khas Uceng Blitar

Kalo sedang berada di Blitar, sempatkan untuk menjelajah Wisata kuliner khas Blitar ini. Warung Uceng Sukaria, Wlingi adalah salah satu jujugan wisata kuliner yang harus anda coba. disamping itu ikan uceng goreng dalam kemasan bisa buat oleh-oleh khas dari Blitar yang wajib anda peroleh. Selamat berwisata kuliner Khas Blitar sobat Wisata Blitar semua.

Jangan Lupa, Follow Wisata Blitar di Instagram untuk update Informasi Terbaru di Blitar Hari ini.

Share Dengan Sepenuh Cinta